Program Kerja Prioritas Kejaksaan RI Tahun 2021

By Supriatna, S.Kom 07 Mar 2021, 16:32:54 WIB
Awal tahun 2021 Jaksa Agung Republik Indonesia. Dr. ST. Burhanuddin, SH., MH memberikan pengarahan dari Ruang Kerja Jaksa Agung di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, kepada Para Kepala Kejaksaan Tinggi beserta jajarannya, Para Kepala Kejaksaan Negeri beserta jajarannya dan Para Kepala Cabang Kejaksaan Negeri beserta jajarannya di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara virtual;

Ada 7 program kerja prioritas Kejaksaan RI untk tahun 2021 yang disampaikan yaitu:
1. Pendampingan dan pengamanan pemulihan ekonomi nasional (PEN) dalam rangka percepatan pembangunan nasional.
2. Pengawasan dan penegakan disiplin untuk mewujudkan Kejaksaan yang bersih dan professional.
3. Pembentukan kapasitas sumber daya manusia atau SDM melalui pembangunan manajemen karir yang jelas terstruktur dan transparan serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang tematik.
4. Digitalisasi Kejaksaan untuk sistem kerja yang efisien, transparan, akuntabel, dan berbasis teknologi informasi.
5. Penegakan hukum yang berkeadilan, serta memberikan kemanfaatan, khususnya dalam upaya memulihkan korban kejahatan dan memperbaiki pelaku.
6. Penanganan perkara tindak pidana korupsi yang berkualitas dan berorientasi penyelamatan keuangan negara.
7. Penyelesaian perkara dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang berat secara tuntas, bermartabat, dapat diterima oleh berbagai pihak, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Mengakhiri pengarahannya, Jaksa agung meminta agar masing-masing siapkan kerja untuk menyampaikan laporannya serta berjenjang dan berkala terkait pelaksanaan arahan tersebut.-