Lapangan Parkir

By Supriatna, S.Kom 07 Mar 2021, 13:32:28 WIB
Tempat Parkir Khusus Yang Tidak Boleh Sembarangan Digunakan Untuk Parkir

Tempat parkir adalah tempat yang disediakan secara khusus untuk memberhentikan kendaraan yang kemudian ditinggal oleh pengemudi dan penumpangnya untuk melakukan kegiatan.
Tapi tidak semua tempat yang disediakan secara khusus untuk memarkir kendaraan boleh digunakan secara sembarangan.
Ada tanda-tanda tempat parkir khusus yang menjadi tanda bahwa tempat tersebut hanya boleh digunakan untuk parkir dengan kondisi yang khusus. Apa saja tempat-tempat parkir khusus yang tidak boleh sembarangan parkir?

Tempat parkir prioritas

Tempat parkir prioritas adalah spots parkir yang diperuntukkan bagi pengemudi dengan kondisi khusus. Tempatnya biasanya diletakkan di dekat pintu masuk gedung dan ditandai dengan nuansa warna area tertentu atau ada rambu tertentu.
Beberapa tempat parkir prioritas misalnya adalah tempat parkir untuk penyandang disabilitas yang biasanya ditandai dengan rambu orang berkursi roda, kemudian tempat parkir khusus untuk wanita dan juga ibu hamil.
Bahkan sekarang juga ada wacana parkir prioritas untuk kendaraan hybrid dan kondisi-kondisi khusus lainnya.

Tempat parkir orang tertentu

Anda pasti pernah mendapati rambu huruf P dengan warna biru yang di bawahnya ditambah dengan keterangan misalnya “Khusus Karyawan”, “Valet Parking”, “Motor”, “Mobil”, dan keterangan lainnya.
Rambu tersebut menandakan bahwa area tersebut hanya boleh digunakan parkir oleh orang-orang tertentu sesuai dengan keterangan yang ada di masing-masing rambu.
Ada juga tempat parkir khusus untuk kendaraan muatan barang sehingga kendaraan yang membawa logistik bisa langsung memindahkan barangnya dari tempat parkir yang berjarak dekat dengan pintu masuk barang.
Beberapa tempat parkir juga menyediakan tempat parkir khusus untuk kendaraan besar misalnya untuk motor tipe cc besar yang tentu membutuhkan tempat parkir lebih besar dibandingkan motor bebek atau cc kecil.
Tempat parkir khusus tersebut biasanya disediakan untuk kalangan orang yang memiliki kepentingan khusus dan diprioritaskan atau VIP sehingga orang-orang tersebut tidak harus kesulitan mencari tempat parkir sendiri sehingga terganggu kepentingannya.
Ketaatan implementasi rambu parkir ini lebih banyak berdasarkan pada kesadaran masing-masing pengguna tempat parkir dan aturan dari masing-masing tempat parkir.

Tempat parkir tipe kendaraan khusus

Biasanya rambu tersebut ada di tempat parkir khusus untuk kendaraan alat berat, untuk kendaraan ambulans, pemadam kebakaran, dan kendaraan lain yang memiliki kepentingan khusus.
Kendaraan-kendaraan khusus tersebut membutuhkan tempat parkir khusus karena kepentingannya yang berbeda dengan pengendara yang lain.
Parkir kendaraan alat berat misalnya, tentu membutuhkan desain tempat parkir yang berbeda dengan kendaraan biasa yang apabila tempat khususnya digunakan untuk kendaraan biasa maka yang beresiko mengalami kerusakan adalah kendaraan biasa yang parkir di tempat khusus tersebut.